Penutupan Jalur Pendakian Salak 1

Penutupan Jalur Pendakian Salak 1 Dan Objek Wisata Kawah Ratu telah di berlakukan sesuai surat edaran No : SE,2359/T.14/TU/HMS/12/2019 yang di terbitkan pengelola Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

Penutupan Jalur Pendakian Salak 1

Sesuai protap (prosedur tetap) yang berlaku tentang tata cara pendakian gunung Salak dan kawah Ratu, untuk memenuhi ketentuan keselamatan pengunjung dan ekosistem hutan.

Maka Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak sebagai pengelola kawasan merasa perlu mengeluarkan surat edaran tersebut sebagai pemberitahuan dan himbauan bagi para pengunjung yang ingin melakukan aktifitas di TNGHS.

Baca Juga : Serunya Wisata Jeep Di Rimba Belantara TNGHS

Hal ini juga bertujuan agar surat edaran ini dapat memastikan pelaksanaan pelayanan pengunjung sudah sesuai dengan prosedur tetap yang berlaku.

Ruang lingkup berlakunya surat edaran ini meliputi :
1. Pelayanan Pengunjung kegiatan pendakian Gunung Sallak.
2. Prosedur keselamatan pengunjung di areal Kawah Ratu dan jalur pendakian gunung Salak.

Penerbitan surat edaran ini berdasarkan laporan kegiatan Gunung Salak pada bulan November 2019 Pos penjagaan Guungapi Salak, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Selain dasar – dasar di atas, penerbitan surat edaran ini juga sesuai dengan Nota Dinas Kepala Seksi PTNW III Sukabumi No. 78/T.14/SPTNWIII/DTN/12/2019 tentang penutupan jalur pendakian Gunung Salak 1.

Baca Juga : Yuk Outbound Sambil Berlibur Di Belitung

Berdasarkan Laporan Bulanan Gunungapi Salak bulan November 2019 oleh Pos Pengamatan Gunungapi Salak Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi menyatakan bahwa status Gunung Salak dalam keadaan Normal (Level 1) serta rekomendasi bagi masyarakat atau pengungjung untuk menjauhi kawah terutama pada musim penghujan.

Kesimpulannya, Penutupan Jalur Pendakian Salak 1 dan Objek Wisata Kawah Ratu di lakukan semata – mata untuk menghindari kejadian yang tidak di inginkan bagi ppara pengunjung yang melakukan aktifitas di sana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *